Aliran Dana Century

19:32 | Labels: , |

http://www.terrasys.biz
Media : Bisnis Indonesia
Halaman : 2 (Makro Ekonomi), Editorial
Tanggal : Friday, January 22, 2010
Penulis : -
Tone : Neutral
Summary :
Batas waktu pekerjaan Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Century sudah mendekati akhir. Sudah banyak saksi yang dimintai keterangan dalam kasus tersebut.


Aliran dana Century


Batas waktu pekerjaan Panitia Khusus (Pan- sus) flak Angket Century sudah mendekati akhir. Sudah banyak saksi yang dimintai keterangan dalam kasus tersebut. .

Kalau disimak, penggalian keterangan oleh Pansus selama" ini lebih terarah pada keputusan bailout Bank Century sebagai bank gagal yang berdampak sistemik dan soal perampokan yang dilakukan oleh para pemegang saham seperti Ro­bert Tantular.

Robert Tantular sudah dinyatakan bersalah. Ki­ta belum tahu apakah ada jugs oknum di bank sentral yang akan dinyatakan bersalah karena ti­dak mengawasi bank secara optimal dan membi­arkan perampokan itu terjadi. Untuk soal ini, kita, biarkan pihak pengadilan yang membuktikan.

Terkait dengan keputusan bailout bank itu, saat ini masih berkutat pada polemik soal kesistemikan Bank Century pada November 2008. Apakah benar Bank Century saat keputusan itu diambil adalah sebuah bank gagal yang kalau tidak diselamatkan akan mengganggu perbankan nasional atau tidak?

Hampir dipastikan bahwa perdebatan soal ini sulit dicarikan titik temu karena masing-masing pihak memiliki cara pandang, pengalaman dan pemahaman yang berbeda tentang krisis.ekonomi dan kemungkinan terjadi efek domino kalau se­buah bank kecil seperti Centu­ry ditutup.

Hal ketiga yang belum digali secara optimal adalah kemung­kinan penyalahgunaan dana ta­langan sebesar Rp6,7 triliun. Pembuktian aliran dana ini sa­ngat penting untuk menemukan motif penyela­4atan bank itu, apakah hanya karena soal dam­paknya yang sistemik atau ada motif lain, yaitu perampokan untuk kepentingan pribadi atau pen­danaan politik.

Investigasi dua wartawan Washington Post, Bob Woodward dan Carl Berstein yang membuka skandal Watergate yang kemudian menjatuhkan Presiden AS Richard Nixon patut dijadikan inspirasi. Kedua wartawan itu bekerja dengan prinsip follow the money, mengikuti aliran dana.

Mantan Kabareskiim Mabes Polri Komjen (pol) Susno Duadji yang sempat menangani kasus Century mengakui belum menemukan indikasi aliran dana penyelamatan Century yang masuk ke rekening pribadi atau partai politik.

Namun, menurutnya, melacak aliran dana ada­lah sebuah pekerjaan yang mudah karena semua transaksi perbankan itu tercatat. Pelacakan bisa dimulai dari sejumlah nasabah yang mencurigakan.

Penarikan dana nasabah Century senilai Rp35 miliar atas nama Amirudin Rustam di Sulawesi Selatan yang berprofesi sebagai pemilik bengkel tentu patut dicurigai.

Demikian penarikan dana sebesar Rp200 miliar oleh nasabah, di Ciputat, Tangerang Selatan, yang berprofesi sebagai sopir taksi bisa menjadi titik awal pelacakan.

Kita tentu berharap agar Pansus serius mendo­rong pelacakan aliran dana itu secepatnya. Na­muni para wakil rakyat pun hams berbesar hati kalau kemudian terbukti bahwa tidak terjadi pe­rampokan atas dana talangan itu.

Semoga soal Century segera selesai sehingga perhatian dan energi bangsa ini bisa dipakai untuk hal lain yang berguna bagi kesejahteraan.

0 comments:

Post a Comment

Text Widget

Only search in this site

Text Widget