Pln Cari Dana Rp51 Triliun

19:22 | Labels: |

http://www.terrasys.biz
Media : Bisnis Indonesia
Halaman : F1 (Bursa), Section Level 2
Tanggal : Friday, January 22, 2010
Penulis : BAMBANG P. JATMIKO & NURBAITI
Tone : Neutral
Summary :
JAKARTA: PT Perusaha­an Listrik Negara (Persero) (PLN) akan mencari dana Rp51 triliun dari pasar keuangan dan bank untuk, mendanai belanja modal pada tahun ini.

PLN cari dana Rp51 triliun

-JAKARTA: PT Perusaha­an Listrik Negara (Persero) (PLN) akan mencari dana Rp51 triliun dari pasar keuangan dan bank untuk, mendanai belanja modal pada tahun ini.

PLN juga menyiapkan opsi penerbitan obligasi berdenominasi renminbi untuk mendanai belanja modal pada tahun ini yang mencapai total Rp74 tri­liun. Dari jumlah itu, dana dad internal yang disiap­lian sebesar Rp3 triliun, dan komitmen pinjaman sebesar Rp20 triliun. Jum­lah pencarian dana ekster­nal itu lebih besar dari ren­cana semula Rp40 triliun.

"Sisanya akan dicari dari sumber eksternal, baik pe­nerbitan obligasi maupun pinjaman bank. Kami akan menerapkan strategi yang fleksibel untuk memenuhi kebutuhan belanja modal ta­hun ini," ujar Direktur Utama PLN Dahlan Iskan kemarin.

Dia menuturkan laba bersih perseroan sepanjang 2009 sekitar Rp7 triliun, dan tahun ini diproyeksi­kan naik menjadi Rp12 tri­liun.

Target laba bersih Rp12 triliun didasarkan perki­raan perseroan bisa meraih margin sebesar 8% dad saat ini sebesar 5%. Sebe­lum mendapatkan margin, perseroan terus-menerus menderita kerugian.

Menurut dia, perseroan juga menyiapkan tiga ske­nario apabila opsi obligasi yang dipilih. Selain akan menerbitkan surat utang yang berdenominasi dolar AS dan rupiah, PLN juga akan menerbitkan obligasi berdenominasi renminbi.

"Obligasi berdenominasi renminbi akan menjaring dana yang berasal dad China. Untuk porsi masing­masing obligasi, kami akan melihat kondisi yang ada."

PLN mengaku kondisi keuangan perseroan masih memungkinkan, jika per­seroan menambah utang sebesar Rp51 triliun. Dah­lan mengungkapkan rasio utang terhadap ekuitas di level 2 kali.

Direktur Keuangan PLN Setyo Anggoro Dewo me­nuturkan belanja operasio­nal perseroan pada tahun ini mencapai Rp144 triliun.

Terkait dengan perolehan laba bersih selama 2009, PLN berencana "membagi­kan dividen sebesar 50% dari Rp7 triliun.

0 comments:

Post a Comment

Text Widget

Only search in this site

Text Widget